Makanan Khas Kota Gresik

Makanan190809

Mengapa Gresik dinamakan kota pudak? Tak jauh beda alasan utama dengan Palembang kota empek-empek, Sidoarjo kota udang, Semarang kota lumpia, Jogja kota Gudeg dan masih banyak lagi penamaan kota berdasar makanan khas daerah tersebut.

Pudak dibuat dari tepung beras dibungkus daun aren (bentuknya setelah dikeringkan seperti daun jagung namun lebih solid dan tebal) santan, variasinya makanan ini ada yang diberi campuran gula merah atau dicampur daun pandan wangi sebagai oleh-oleh khas kota Gresik.

Putih untuk rasa pandan ( plain taste) dan rasa gula merah berwarna agak kecoklatan ( sweet taste). Yang lebih unik, daun aren kering tersebut DIJAHIT dengan bentuk kantung! nah gak kebayang khan…makanya buruan mampir..Dan agar selalu fresh dan tidak lembab, pudak sebaiknya digantung.. lihat deh fotonya. Setiap ikat pudak bisa tahan lama 2 -3 hari.

Dikota Gresik ada ragam kue tradisional seperti ayas, kerupuk bayam dan jenang jubung. dari yang berharga tiga ribu rupiah untuk satu ikat berisi lima buah. Jangan lupa juga untuk minum Legen yang rasanya manis dan terasa khas. Legen adalah minuman segar yang dihasilkan dari pohon aren. seperti air kelapa bersoda dan sedikit beraroma vanilla. Jika agak lama disimpan bisa menjadi tuak.

(Ini namanya Jenang Jubung)

(Keripik bayem-e ojok lali, nda)

(Iki arane Pudak)

Konon pembungkus pudak didatangkan dari kota lain seperti Jember karena pohon aren di Gresik sudah jarang ditemui. Oleh karena itu, ketika suatu kali pasokan pelepah pohon jambe yang memiliki lapisan tipis berminyak di salah satu sisinya tersendat, meskipun makanan lain cukup banyak, sejumlah pemilik toko memilih tidak berjualan. Inovasi bukan tidak mereka lakukan untuk mencari alternatif pengganti pelepah pohon jambe.

(Ini namanya ‘Legen’, kalo disimpan dalam waktu yang relatif lama bisa jadi ‘Tuwak’)

(Nah, ini saudaranya Legen, namanya Buah Siwalan atau sering disebut orang Gresik dengan nama ‘Ental’)

Toko pudak mudah ditemui di jalur keluar kota Gresik depan kantor Semen Gresik A.Yani sebelah kiri atau di daerah pasar Gresik Jalan Sindujoyo dan satu lagi yang terkenal di Jl AKS TUbun dekat studio Radio Elbayu Gresik.

(Sumber berita: jelajahgresik.blogspot.com)

Hey, ojok lali, iki malah tambah uweeenak….!!

(Ini namanya ‘Nasi Krawu’…Hmmm, sampek ngiler!)

(Ini namanya ‘Otak-otak Bandeng, khas Gresik juga… Ngiler pindo!)

Sudah-sudah, jangan keasikan baca blog ini. Di mana pun Anda berada, cepat kunjungi Gresik dan hajar semua makanan ini!

—00hhhmmmm00–


About this entry