Foto-foto Pemenang ‘Sony World Photography Awards 2012’

photography206

Kumpulan Foto Awan Jamur yang Memenangkan Penghargaan Fotografi 2012

Apakah itu awan yang terbentuk oleh bencana nuklir? Untungnya tidak, tapi ini awan jamur di kehidupan nyata dan jelas terlihat dramatis.

Awan jamur yang terbentuk di atas negara bagianTexas yang disebut badai ‘supercell’ itu berhasil diabadikan fotografer profesional.

Gambar-gambar ini diambil oleh fotografer seni rupa Mitch Dobrowner dan menjadi pemenang di penghargaan prestisius Sony World Photography Awards 2012.

Gambar ini merupakan bagian dari serangkaian foto hitam-putih dari cuaca dramatis yang diambil di dataran Amerika Selatan.

(Diambil di Dundee, Texas, oleh fotografer seni rupa Mitch Dobrowner, menunjujjan badai ‘supercell’ luar biasa)

Salah satu foto memperlihatkan ‘twister’ mengerikan merobek jalan di cakrawala. Foto lainnya menunjukkan angin vertikal menakjubkan yang menuju awan di langit. 

(Twister menakutkan karya pemenang penghargaan bergengsi L’ Iris d’Or untuk seri foto cuaca dramatis hitam-putih yang diambil di dataran Amerika Selatan)

Badai spektakuler berhubungan dengan cuaca buruk seperti tornado, yang umum terjadi diTexas dan selatan negara bagian AS dan menyebabkan kerusakan yang luas.

(Badai spektakuler berhubungan dengan cuaca buruk seperti tornado, yang umum di Texas dan selatan negara bagian AS dan menyebabkan kerusakan yang luas)

Dalam persaingan dengan 12.000 peserta dari 171 negara, objek Dobrowner yang diambil di Dundee, Texas, memperoleh hadiah L’Iris d’Or hadiah untuk lanskap yang diambil oleh fotografer profesional.

(Kompetisi fotografi bergengsi diikuti peserta dari 171 negara dengan karya lebih dari 12.000)

Sebagai penyelenggara acara fotografi global tahun ini, Sony World Photography Awards menghadirkan karya fotografi terbaik dari seluruh dunia. Upacara penghargaan dan makan malam telah digelar pekan lalu di Hotel Hilton di Park Lane,London.

(Foto Dobrowner ini dipajang di Somerset House di London sampai tanggal 20 Mei)

— Sumber: Daily Mail.co.uk, 2 May 2012 —


About this entry