Foto: Musim Bertunas

akhir 2012 (2)

Judul: Musim Bertunas| Foto: Agoes Boediawan | Lokasi: Desa Wotan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur | Tanggal: Sekitar tahun 2012.

Keterangan:

Pada foto tersebut adalah pohon jati yang mulai bertunas kembali setelah daun dan cabangnya dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari. Pohon tersebut tumbuh di ladang di belakang rumah saya di desa Wotan.

akhir 2012 (3)

Jati adalah sejenis pohon penghasil kayu bermutu tinggi. Pohon besar, berbatang lurus, dapat tumbuh mencapai tinggi 30-40 m. Berdaun besar, yang luruh di musim kemarau.

Jati dikenal dunia dengan nama teak (bahasa Inggris). Nama ini berasal dari kata thekku (തേക്ക്) dalam bahasa Malayalam, bahasa di negara bagian Kerala di India selatan. Nama ilmiah jati adalah Tectona grandis L.f.

Jati dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan 1 500 – 2 000 mm/tahun dan suhu 27 – 36 °C baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tempat yang paling baik untuk pertumbuhan jati adalah tanah dengan pH 4.5 – 7 dan tidak dibanjiri dengan air. Jati memiliki daun berbentuk elips yang lebar dan dapat mencapai 30 – 60 cm saat dewasa. Jati memiliki pertumbuhan yang lambat.


About this entry