“Sagarmatha”: Perjalanan Hidup Dua Sahabat

hot.detik.com – Film layar lebar begenre drama road-movie, kembali menghiasi bioskop Indonesia. Kali ini adalah kisah perjalanan batin yang dibalut eksotisme alam pegunungan, berjudul ‘Sagarmatha’.

Berawal dari mimpi untuk mencapai Puncak Everest, dua sahabat, Shila (Nadine Chandrawinata) dan Kirana (Rangganie Puspandya) harus menempuh perjalanan panjang. Dari Indonesia ke India dan berakhir di Nepal.

Alur maju-mundur dan perjalanannya penuh konflik batin menjadi sajian utama. Shila yang mulai terganggu dengan ke-ambisiusan Kirana dan jawaban-jawaban lain dari pertanyaan kehidupan mereka selama ini mulai terjawab.

Apakah mereka berdua mampu mencapai puncak? Apakah ini hanya benar-benar mendaki gunung? Itu sepenggal sinopsis dari drama ‘Sagarmatha’, sebuah kata yang dipakai oleh masyarakat asli Nepal untuk menyebut puncak Gunung Everest yang artinya sendiri ‘Head of The Sky’.

“Ini seperti punya emosi personal sendiri buat saya. Dulu ada quote bagi teman-teman yang suka hiking, kalau kita boleh mati kalau sudah sampai Himalaya,” cerita sang sutradara, Emil saat press screening di Blitzmegaplex Pacific Place, Jakarta, Rabu (6/11/2013).

“Singkatnya, film ini petualangan pengalaman batin dan psikologis dari tokoh-tokohnya, termasuk kru,” tambah Emil lagi.

‘Sagarmatha’ mengambil tiga lokasi utama, Gunung Merapi, Yogyakarta, Kolkata di India dan Kathmandu di Nepal. Dengan waktu 3,5 tahun, akhirnya film ini berhasil rampung.

“Nggak nyangka film ini keluar, kita buatnya 3,5 tahun yang lalu. 10 orang, perjalanan panjang 3 minggu dari India ke Nepal,” ungkap Nadine Chandrawinata takjub.

Sementara bagi Ranggani, film ini ternyata mampu mengubah beberapa hal dalam dirinya. “Banyak yang berubah dari diri kita sepulang dari sana (India),” ujarnya.

‘Sagarmatha’ dijadwalkan rilis serentak pada tanggal 28 November mendatang. “Semoga dengan masuknya ke bioskop, semua orang bisa memetik pesan dan tidak malu untuk berkarya,” harap Nadine lagi.

TRAILER


About this entry