Tentang Bunga dan Kota

???????????????????????????????

(Ilustrasi: Rose Lamparter ”Sonnenblumen”)

mari sini, manisku
aku ingin berbicara denganmu
masih tentang bunga dan kota
tapi bukan kelopak dan lanskap yang sama

sore itu
saat aku berjalan di trotoar sebuah kota
hujan tiba-tiba turun dengan derasnya
aku pun berteduh di sebuah kios bunga

kulihat kuntum-kuntum mawar
berselimut mendung
tapi tak mampu mengusir kecantikannya
mawar tetaplah mawar
betapapun musim memperkosanya

sementara di tembok
tergantung karangan bunga
warna putih
mungkin untuk pemakaman
entah untuk jasad siapa
tapi, ia tetap anggun di sana
seperti seorang gadis lugu
dalam balutan gaun

kelopak bunga dan hujan di kota ini
mengingatkan aku padamu, manisku

pernahkah aku memberimu bunga
sambil berdiri di bawa gerimis
untuk menyatakan cinta?
aku harus katakan tidak

karena itu
dari kota ini
ingin kukirim padamu
sekuntum bunga mawar
berselimut mendung

atau
kukurim saja
karangan bunga
warna putih?

(di sudut gerimis, 16-17 Desember 2013)


About this entry