Komunitas Sweet Iron Low Rider

BOX-AGUS Low Rider- Puguh Sujiatmiko (2)

Komedian Agus Suparto Doyan Berburu Onderdil Sepeda Lowrider : Agus Suparto memang dikenal sebagai aktor, komedian, dan master of ceremonies (MC). Namun, di balik talentanya itu, dia ternyata menggilai sepeda jenis lowrider.

—–
DI ANTARA kerumunan anggota Komunitas Pesepeda Sweet Iron Low Rider, tampak seorang pria berkacamata, berkaus hitam, dan bercelana pendek. Wajahnya terasa sangat familiar. Tanpa harus bercanda, kawan-kawannya menyebut wajahnya sudah cukup lucu. Dia adalah Agus Suparto, komedian sekaligus aktor yang pernah bermain dalam sinetron Pengen Jadi Orang Bener yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia.

Kali ini Agus tidak sedang syuting. Dia duduk di atas pedal sebuah sepeda yang bentuknya unik. Sepeda dengan kerangka melengkung dan ruji velg yang mengkilap itu berjenis lowrider. Dulu, orang biasa mengenalnya dengan sebutan sepeda mini. Namun, setelah dimodifikasi, sepeda lowrider bisa tampil layaknya moge (motor gede) Harley Davidson. Keunikan itulah yang memikat hatinya untuk memiliki sepeda lowrider sendiri. ”Saya ngumpulin sedikit demi sedikit. Hunting-hunting di pasar loak sampai ke daerah-daerah,” ujarnya ketika ditemui Jawa Pos di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Minggu lalu (12/1).

Pria kelahiran Jakarta itu mengatakan, ketertarikannya pada sepeda bermula pada 2009 lalu. Saat itu salah seorang kawannya menyarankan dirinya untuk berolahraga. Namun, dia sendiri tidak tahu olahraga apa yang bisa membuatnya rutin melakukan aktivitas itu. Pasalnya, dia tidak begitu menggemari olahraga. Sebab, jadwal syutingnya terbilang sangat padat.

Foto1102

Suatu ketika, Agus melihat salah seorang kawannya menunggangi sepeda. ”Kalau nggak salah, waktu itu selesai syuting, saya lihat teman saya naik sepeda yang bentuknya aneh. Tapi, keren juga ya,” ujarnya. Dia lantas mencari tahu tentang sepeda tersebut. Sedikit demi sedikit, dia mulai jatuh hati kepada sepeda itu dan aktif mencari-cari spare part-nya.

Empat tahun sudah Agus merakit sepeda lowrider berjenis cruiser. Berawal dari sebuah kerangka (frame) yang dia beli pada 2009 lalu. Terakhir, dia menambahkan lampu sepeda bernuansa oldies dengan sedikit modifikasi. Sekarang dia bisa membanggakan sepedanya itu. ”Saya ingat betul frame itu mereknya element, khusus sepeda jenis cruiser. Dapatnya di Pasar Loak Kebayoran Lama dengan harga murah. Katanya sih, frame element itu sekarang sudah tidak diproduksi lagi,” ujarnya bangga.

Sejak saat itu, Agus mulai rajin berburu spare part sepeda. Di sela syuting, dia menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Kalibata, Cengkareng, Kebayoran, juga ke daerah lain. ”Asal ada info dari temen, saya sempatkan waktu ke sana sendiri,” ujarnya. Berburu spare part, menurut Agus, memiliki keasyikan tersendiri. Terutama, ketika dia menemukan barang yang dicari, kemudian menawarnya hingga mendapat harga yang pas.

Tidak hanya itu, dalam beberapa kali syuting di luar daerah, Agus juga sering mencuri-curi waktu. Misalnya, saat syuting di Malang, Jawa Timur, atau di Solo, Jawa Tengah. ”Saya ingin hunting di Jogjakarta. Kata anak-anak sih di sana gudangnya,” kata dia. Saat barang-barang itu terkumpul dan terangkai, Agus merasa sangat bangga. Sebab, komponen sepeda yang dia cari dengan susah payah bisa menjadi satu kesatuan dan bermanfaat bagi dirinya. ”Apalagi, manfaatnya untuk kesehatan,” terangnya.

Foto1099

Pria kelahiran Jakarta, 39 tahun lalu itu masih ingat betul dengan kejadian unik terkait sepedanya. Ceritanya, sepeda miliknya yang dominan warna hitam dengan spakboard chrome mengkilat itu pernah dipinjam tetangganya untuk acara pernikahan adat Betawi. Saat itu tetangganya butuh tambahan aksesori untuk pemanis panggung. Biasanya, orang-orang memakai sepeda onthel yang tampak kuno. ”Tapi, katanya sudah terlalu biasa. Dia ingin yang beda. Ya sudah, saya biarkan saja dia pakai sepeda saya,” kisahnya, lantas tertawa kecil.

Kegiatan berburu spare part itu semakin sering Agus lakukan saat bergabung dengan komunitas pesepeda Sweet Iron Low Rider. Komunitas yang telah berdiri sejak lima tahun itu membuatnya memiliki teman-teman dengan minat yang sama. ”Kita saling berbagi pengalaman di sini. Sama-sama tuker pengetahuan tentang lowrider, dan sedikit ngeracunin temen lain,” ujar anak sulung dari tiga bersaudara itu, lalu terkekeh. Salah seorang artis yang berhasil dia ”racuni” adalah Ony
Syahrial. Kini, actor sinetron Tuyul dan Mbak Yul itu turut menggilai sepeda lowrider. (denza/co1/oni)

Sumber: JP, 22 Januari 2014. Foto: Puguh S./JP, Agus B./JP


About this entry