Aku melihat surga dalam diri Ibu

mother-and-child-gladiola-sotomayor

Untuk Ibu yang sedang terbaring di RS dr Soetomo Surabaya

Ibu,
waktu kecil dulu
aku dengar dongengan tentang surga
ada yang bilang, mendongaklah! kau akan menemukan surga
di balik awan putih dan biru langit

tapi, aku tak melihat apa-apa
hanya sesekali burung mengepakkan sayap
atau layang-layang berekor bergerak ke kanan-kiri
atau
mungkin hanya bintang dan bulan dalam kegelapan malam
meskipun bisa dibayangkan sebagai surga
saat itu aku tak yakin

lalu, saat aku bertanya pada guru ngaji di masjid
guruku bilang, pulanglah! temui ibumu
kamu akan menemukan surga
katanya, surga ada di telapak kaki ibuku
teman-temanku pun bertanya letak surga
dan guruku juga bilang bahwa surga ada di telapak kaki ibu teman-temanku

tuhan menciptakan begitu banyak surga?
karena Tuhan maha pemurah dan maha pecinta
kata guruku

lalu, aku pun berlari pulang
dan aku melihat surga
di mata ibuku
di senyum ibuku
di tangan ibuku
di kaki ibuku
aku melihat ibu seakan melihat surgaku

Jakarta, 2 Maret 2014

(Ilustrasi: Fleeing Into the Arms of Heavenly Mother by godahnsahnghong.com)


About this entry