Melepas Penat di Banten Rafting Ciberang

IMAG0488

BRC – Akhir tahun 2014, setelah setelah berbulan-bulan pikiran tergerus kepenatan aktivitas di kota Jakarta, tim Jawa Pos Jakarta mengadakan wisata alam di luar kota metropolitan. Tempat wisata tujuan pun ditentukan, Banten! Kami akan mencoba derasnya aliran dan tantangan jeram Sungai Ciberang.

IMAG0484

Wahana rafting itu terletak di Kampung Muara, Desa Banjar, Lebak Banten. PT Banten Rafting sebagai pengelola satu-satunya mematok biaya cukup murah, itu pun sudah lengkap welcome drink, snack, makan siang, dan pemandian air panas.

IMAG0480

Rafting di Sungai Ciberang mendapat sertifikat riam dari Federasi Arum Jeram Indonesia (FAJI) dengan grade 2-3 tergantung ketinggian air dan arus. Panjang trek arung dibagi dua, yaitu 10 kilometer dengan jarak tempuh 2 jam dan 25 kilometer dengan waktu 5,5 jam.

IMAG0490

Untuk mencapai Sungai Ciberang, ada beberapa jalur alternatif yang bisa ditempuh. Yaitu lewat Rangkas Bitung atau Serang atau Bogor. Kami memilih alternatif pertama, Rangkas Bitung. Jarak tempuh dari Jakarta ke Sungai Ciberang (+macet-macet) sekitar 6 jam. (*)

 

 


About this entry