4/11: Salah Satu Demo dengan Peserta Terbanyak dalam Sejarah Indonesia

 

Demonstrasi 4 November 2016 (4/11) yang menuntut penindakan hukum pada Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang dianggap melakukan penistaan agama diikuti sekitar 30.000 orang. Aksi ini pun termasuk dalam demo terbesar di Indonesia, selain Demo Tritura (1966), Demo Malari (1974), Demo 1998.

Kasus dugaan penistaan oleh Ahok menyita energi banyak pihak. Yang paling kentara adalah perbedaan pandangan di antara para ulama, habaib, ustad, dan tokoh Isalam di Indonesia. Ada yang menilai Ahok menistakan Alquran, banyak juga yang menilai Ahok tidak melakukan penistaan. Tetapi, mengkritik orang yang menyalahgunakan kitab suci umat Islam tersebut.

Demo yang dimulai dari Masjid Istiqlal setelah salat Jumat itu berlangsung damai. Sampai akhirnya berujung dengan kericuhan setelah Isya. Ada dugaan kericuhan itu dipicu penyusup. Ada yang menyebut polisi yang memulai keributan. Yang jelas, buntut aksi itu makin panjang.

Namun, saya tidak mau terjebak dalam polemik tersebut. Saya hanya mengabadikan momen-momen demo bersejarah tersebut dalam bingkai foto. (*)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s