Mendaki Gunung Ciremai Via Linggarjati

Gunung Ciremai adalah salah satu gunung yang memiliki trek paling terjal. Gunung ini memiliki tiga jalur resmi, yakni Linggarjati, Apuy, dan Palutungan. nah, jalur pertama adalah jalur yang paling terjal. Anda yang menyukai tantangan dan ingin melatih fisik, jalur Linggarjati cocok sebagai pilihan.

Oke. Pendakian via Linggarjati akan dimulai dari Pos 1 (Cibunar) dengan ketinggian 750 mdpl. Di sini kita mengurus SIMAK dan membayar tiket Rp 50.000. Itu harga waktu kami melakukan pendakian pada tahun 2016. Harga itu termasuk bonus sertifikat setelah kita nanti turun ke pos yang sama dengan menyerahkan sampah kita.

Selain memiliki trek yang terjal, Ciremai juga mempunya banyak cerita mistis dan mitos yang dipercaya oleh beberapa kalangan pendaki. Salah satunya adalah pantangan untuk mendirikan tenda dan bermalam di Pos Kuburan Kuda. Pos 4 di ketinggian 1.450 mdpl itu dipercaya angker sehingga pendaki yang kemalaman di jalan disarankan bermalam di pos sesudahnya atau sebelumnya.

Selain angker, di sepanjang pendakian, kita akan bertemu dengan Tanjakan Bapa Tere. Ini bisa disebut tanjakan paling curam. Tanjakan di ketinggian sekitar 2.025 mdpl ini memiliki kemiringan sekitar 70 sampai 90 derajat. Ya, baguslah untuk melatih kekuatan fisik dan ketahanan mental. Setelah perjalanan yang melelahkan, kami sampai di puncak Ciremai di ketinggian 3.078 mdpl dengan lancar.

Kalkulasi Waktu Perjalanan dari Pos Linggarjati Menuju Puncak (bisa lebih lama dan lebih cepat, tergantung fisik dan mental Anda)

Pos Linggasana – Pos Cibunar (1 jam)
Poc Cibunar – Pos Leuweung Datar(30 menit)
Pos Leuweung Datar – Pos Kondang Amis (30 menit)
Pos Kondang Amis – Pos Kuburan Kuda (1 jam)
Pos Kuburan Kuda – Pos Pangalap (1 jam)
Pos Pangalap – Pos Tanjakan Seruni (1,5 jam)
Pos Tanjakan Seruni – Pos Bapa Tere (2 jam)
Pos Bapa Tere – Pos Batu Lingga (1 jam)
Pos Batu Lingga – Pos Sangga Buana(2 jam)
Pos Sangga Buana – Pos Pangasinan (45 menit)
Pos Pangasinan – Puncak Ciremai (30 menit)

Advertisements

About this entry